Fase Demam Berdarah

Fase demam berdarah dengue atau DBD yang akan muncul ketika memasuki musim penghujan kembali mengintai. Penyakit demam berdarah lebih sering terjadi pada musim penghujan tiba. Hal ini disebabkan karena nyamuk penyebab demam berdarah ini akan mudah berkembang biak pada kubangan air yang ada di halaman, pot bunga, maupun di got. Apabila anda biarkan semakin lama nyamuk akan semakin banyak dan dapat menyebabkan penyakit demam berdarah dam dengan perlahan akan mulai muncul Fase demam berdarah.

Jenis nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah dan dapat menularkan virus dengue ini adalah jenis nyamuk aides aegepty.

fase demam berdarah

fase demam berdarah

Sekitar 80% 8 dari 10 pasien yang menderita Fase demam berdarah akan menunjukkangejala yang ringan atau biasa saja. Sekitar 5 dari 10pasien akan mengalamiinfeksi yang berat.Penyakit demam berdarah ini adalah salah satu jenis penyakit yang mengancam jiwa sedikit dari mereka. Gejala demam berdarah akan muncul antara 3 hingga 14 hari setelah penderita terkena gigitan nyamuk yang membawa virus dengue. Sering kali gejala demam berdarah akan muncul setelah 4 hingga 7 hari setelah terinfeksi. Apabila anak-anak yang menderita penyakit ini, gejala yang muncul sama dengan dengan gejala pilek atau flu perut seperti muntah-muntah dan diare.

Pencegahan dengan menggunakan vaksin yang telah disetujui sebagai vaksin untuk mencegah agar seseorang tidak terkena virus dengue. Sebagai pencegahan dapat dilakukan dengan pengendalian terhadap populasi nyamuk dan melindungi anda dan keluarga dari gigtan nyemuk. Berikut beberapa program pencegahanvirus dengue dengan:

  • Advokasi atau menggerakkan masyarakat dan dan undang-undang yang harus digunakan agar organisasi kesehatan masyarakat dan masyarakat itu sendiri dapat menjadi masyarakan yang lebih kuat.
  • Semua bagian masyarakat harus bekerja sama satu sama lain. Termasuk pemerintah, bisnis perusahaan, dan bidang kesehatan.
  • Semua cara harus mengendalikan penyakit yang harus terintegrasi sehingga sumber daya yang tersedia dapat memberikan hasil yang paling besar.
  • Keputusan yang akan diambil harus dibuat berdasarkan pada bukti yang nyata. Hal ini akan lebih membantu memastikan bahwa intervensi atau tindakan yang dilakukan untuk mengatasi virus dengue ini sangat berguna.
  • Wilayah dimana virus dengue ini menjadi masalah harus diberi bantuan sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk merespon dengan baik penyakit dengan usaha mereka sendir.

Cara yang paling baik yang dapat kita lakukan untuk mengendalikan populasi nyamuk penyebab adanya Fase demam berdarah ini adalah dengan mengingkirkan habitatnya. Masyarakat harus tanggap dengan mengosongkan wadah air atau penampungan air yang terbuka sehingga nyamuk tidak dapat bertelur dan berkembang biak pada wadah tersebut. Kita juga dapat menggunakan agen-agen biologi untuk pengendalian nyamuk di wilayah-wilayah yang rawan terserang nyakmuk tersebut. Penyemprotan yang dilakukan dengan insektisida piretroid ternyata tidak dapat membantu.Air yang diam harus segera dibuang karena akan menarik perhatian nyamuk untuk berkembang biak disana dan juga karena manusia dapat terkena masalah kesehatan jika ada insektisida yang tergenang di dalam air yang diam tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah umum 3M yang dapat kita lakukan untuk mncegah terjangkitnya virus Demam Berdarah Dengue ini :

  1. Menguras
  2. Menutup
  3. Mengubur

Namun perlu kita ketahui ada satu langkah lagi yang sebenarnya sama pentingnya dalam mencegah dan mengatasi gejala demam berdarah, yaitu dengan menjaga kondisi tubuh.

Fase Demam Berdarah

  1. Fase demam berdarah yang pertama adalah pada hari 1-3 Fase demam tinggi, demam yang mendadak tinggi dan disertai dengan sakit kepala, sakit dibelakang bola mata, badan ngilu dan nyeri, mual, kadang disertai bintik merah dikulit tidak hilang saat kulit diregangkan. Pada beberapa penderita gejala demam berdarah ini ditemukan adanya nyeri tenggorokan, infeksi pada farings(tenggorokan) serta pada konjungtiva atau selaput yang melindungi kornea mata.
  2. Fase demam berdarah yang kedua adalah pada hari 4-5 akan mengalami fase kritis, fase dimana demam dan kadar trombosit mengalami penurunan dan sering mengoceh seolah terjadi kesembuhan. Namun fase inilah fase kritis kemungkinan terjadinya “Dengue Shock Syndrome” Dapat terjadi pendarahan hidung, mulut, kulit pucat dan dingin serta penurunan kesadaran.
  3. Fase demam berdarah yang ketiga adalah pada hari ke 6-7 masuk pada fase penyembuhan, keadaan penderita pada umum mulai membaik, mulai nafsu makan, hemodinamik atau peredaran darah mulai stabil dan diuresis atau frekuensi kencing akan mulai membaik dan normal. Dah pada fase ini penderita akan jauh lebih baik bila penderita diberikan makanan yang bergisi baik untuk meningkatkan keadaan tubuh serta meningkatkan kadar pada trombosit.

Pengobatan penyakit pada face demam berdarah ini menurut pengalaman dapat dilakukan dengan mengkonsimsi cairan yang lebih banyak dari biasanya. Mengkonsumsi cairan yang lebih banyak berguna untuk mengganti cairan tubuh yang sudah hilang. Jenis minuman yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit demam berdarah ini adalah minuman elektrolit.

Penyembuhan tersebut dapat dimulai dari diri kita sendiri sebab obat yang diberikan oleh dokter hanya bersifat mengurangi nyeri maupun menurunkan demam yang diderita sehingga penderita gejala demam berdarah lebih banyak beristirahat. Untuk mencegah terjadinya gigitan nyamuk orang menggunakan pakaian yang menutupi kulit sepenuhnya. dan juga dapat menggunakan anti nyamuk (seperti semprotan nyamuk), yang membantu menjauhkan nyamuk. (DEET paling ampuh.) Orang-orang juga dapat menggunakan kelambu saat beristirahat.


=====================================

>>> Obat Demam Berdarah Membantu Mengatasi Demam Berdarah, Meningkatkan Trombosit, dan Menguatkan Kekebalan Tubuh Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Demam Berdarah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>